Kamis, 13 Agustus 2015

Pulau Menjangan, Sekeping Surga dalam Pulau Bali

INDONESIA memang bukan pernah habis demi dieksplor keindahan alamnya. Gak usah jauh-jauh ke Indonesia Timur yang memang telah terkenal akan keindahan alam dan budayanya. Dalam Pulau Jawa sesungguhnya banyak hanya sekali tempat yang hebat dengan tak dominan orang kenal.

Apakah kita sempat mendengar Telaga Dringo? Ya telaga spektakuler tersebut terletak di Pulau Jawa, tepatnya pada Kabupaten Batang serta perbatasan Banjarnegara dalam Jawa Tengah. Telaga Dringo ini sebenarnya bukan jauh dari obyek bertamasya dalam Dieng, arahnya sehabis Kawah Candradimuka di Dieng.

Menurut yang berwisata ke Dieng Jawa Tengah, sempatkanlah untuk asal dengan melihat Telaga Dringo itu. Pasalnya, letak telaga Dringo ini sesungguhnya tak jauh dari kawasan wisata Dieng, kendatipun telaga tersebut letaknya pada Kabupaten Batang dan perbatasan Banjarnegara.

Ketika saya harap menuju sini memang sangat banyak yang sebut Telaga Dringo merupakan Ranukumbolo KW, diberitahukan KW dikarenakan hampir mirip juga Ranukumbolo di Jawa Timur. Kenyataannya saat saya menuju sini sih bukan sama rata. Yang saya setuju sebanding adalah keindahannya.

BARRY KUSUMA Telaga Dringo dalam Kabupaten Batang dengan perbatasan Banjarnegara, Jawa Tengah.
Untuk yang mengunjungi Dieng, letak telaga Dringo tersebut sesungguhnya dekat juga kawasan bertamasya tersebut. Dataran Tinggi Dieng ialah dataran tertinggi kedua dalam bumi yang dihuni manusia. Urutan pembuka ditempati Nepal dengan Tibet.

Mengakses Administratif Dataran Tinggi Dieng mencakup Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara serta Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Letak Dataran Tinggi Dieng dengan terletak raksasa inggris kompleks Gunung Sindoro dengan Gunung Sumbing. Di Dataran Tinggi Dieng terdapat banyak telaga dengan Dringo itu salah satu telaga yang terindah dalam kawasan tersebut.

Nama Dringo digondol dari tumbuhan yang tumbuh mengakses alami dalam sekitar telaga, maka tetapi masyarakat sekota pada namakan Telaga Dringo. Telaga tertinggi pada Dataran Tinggi Dieng itu menggapai pemandangan yang sangat memukau. Banyak pengunjung yang dari demi berkemah serta memanfaatkan sejuknya udara yang bertiup dari balik lembah.

Walau akses ke telaga tersebut tak cukup baik juga petunjuk yang kurang memadai tetapi bukan menyurutkan keinginan segala pelancong untuk berkunjung demi menggunakan keindahannya.

Keindahan alam alternatif yang ke menuju Telaga Dringo dengan sangat apik. Kalau kita ke Dieng selintas akan teringat seumpama anda mengunjungi Gunung Bromo, pada kanan kiri alternatif dominan pemandangan indah yang menyejukkan mata juga foto landscape yang selalu menyenangkan kepada segala fotografer.

BARRY KUSUMA Telaga Dringo dalam Kabupaten Batang dan perbatasan Banjarnegara, Jawa Tengah.
Telaga Dringo ini letaknya cukup dekat dan kawah candradimuka. Legendanya kawah Candradimuka tersebut yaitu tempat Gatot Kaca dicelupkan akhirnya Gatot Kaca mempunya kesaktian yakni kebal senjata, kecuali engkel kakinya dikarenakan hanya sesi itu saja yang bukan dicelupkan di pada sesi kawah.

Telaga Dringo ini merupakan destinasi liburan yang sungguh mengamati dominan dikunjungi wisatawan sebab akses jalannya yang amat menanjak, tanah bebatuan. Kini demi ke menuju Telaga Dringo juga kamu diwajibkan lagi treking sepanjang 20 menit cara tanah dan berbatu.

Namun rasanya belum lengkap ke Dieng seumpama kamu mendalami mengunjungi Telaga Dringo itu kendatipun telaga itu letaknya pada Banjarnegara. Saat terbaik demi mengunjungi Telaga Dringo itu adalah pagi hari setelah matahari terbit. Juga ingat, cuaca disini sangatlah dingin.

Hanya ada seorang cara masuk untuk memakai Telaga Dringo itu yakni alternatif yang ke ke Banjarnegara. Cara ke Telaga Dringo sangatlah kecil, mungkin cuma cukup 1 mobil saja. Apabila ada mobil lain yang lewat berlawanan arah maka salah satu mobil diwajibkan mengalah dan mundur untuk seorang cara berhasil di lalui dua mobil.

Saya selalu menyarankan untuk memakai mobil yang tinggi seperti Terios atau Xenia. Jangan uji uji coba pakai mobil sedan karena alternatif menuju Telaga Dringo ini sangatlah naik, curam juga jalannya juga masih tanah dengan berbatu. Seumpamanya anda merebut motor ke sini berhasrat motor bebek atau motor kopling seluruhnya aman. Hanya jangan ngebut-ngebut sebab dominan kegiatan petani pada sini.

Selama saya menuju Telaga Dringo, sungguh kala yang pasti jitu ialah pagi hari sebab Dieng seandainya telah lewat dari jam sepuluh pagi biasanya sudah berkabut. Momen unggulan demi menikmati Telaga Dringo apabila anda berkemah atau camping pada sini. Cuaca seumpama malam sangatlah dingin, bahkan makin dingin dari Dieng.

Kalau mau camping saya pesan jagalah kebersihan sebab daerah itu mendalami diatur kebersihan lokasinya tetapi masyarakat maupun pemda. Seumpamanya kita usai berkemah, bawalah balik sampah-sampah yang berada untuk agar kelestarian serta keindahan Telaga Dringo ini sangat terjaga.

View terbaik demi menggunakan Telaga Dringo yaitu pada saat sunrise, sebab Telaga Dringo dikelilingi tapi bukit bukit yang langsung menghadap pemandangan Dieng. Sungguh sih ketika sunrise, keindahan telaga tak terlihat karena tertutup bukit. Tetapi dalam ketika sunrise kita mesti berjalan juga trekking sedikit ke arah bukit untuk memperoleh view dalam balik bukit pemandangan Dieng yang menawan.

Seusai menggunakan sunrise keindahan alam Dieng barulah anda turun di pagi hari sambil memanfaatkan secangkir kopi keras. maka tidak salah seumpamanya saya sebut Dringo merupakan telaga terindah dalam Pulau Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar